Lagu Geby Terungkap

Posted on Juni 24, 2008. Filed under: Tutorial |

Setelah ceritanya beredar cukup lama di dunia maya dan menjadi misteri, kisah lagu Jauh alias tinggal kenangan kini terungkap. seperti comment yang pernah saya posting ke beberapa blog yang menceritakan kisah geby alias ega yang dinyatakan bunuh diri beberapa saat setelah merekam lagu ini yang dimainkan secara akustik, ternyata memeng betul bahwa band ini berasal dari Makassar.

Lagu jauh (judul aslinya “Tinggal Kenangan”) saya dengar dan saya miliki file mp3 nya jauh sebelum isyu nya meledak di internet. Kalau tidak salah pada pertengahan 2006 sampai awal 2007 lagu ini menjadi hits di Makassar dan mendududuki jawara dibeberapa chart lagu terbaik radio-radio lokal di Makassar. file MP3 dengan nama “Sang Dipa-Tinggal Kenangan.mp3″ itu saya dapatkan dari seorang teman yang sempat menjadi lagu yang saya gemari hingga akhir 2007 dan belakangan ini saya sempat kaget, kok lagu yang berdurasi singkat ini di bombastis oleh beberapa orang dengen menghadirkan misteri dibalik lagu ini.

Beberapa versi dari misteri lagu Tinggal Kenangan antara lain:
– Penyanyinya bernama Gaby, Eby, Angel, atau siapa, tetapi versi sebenarnya adalah Andi Besse atau Abe, vokalis Sang Dipa
– Judulnya ada yang bilang Jauh, tapi yangbenar adalah Tinggal Kenangan
– Latar belakang lagu ini rumor yang berkembang karena sang vokalis patah hati cowoknya mati kecelakaan, dan diapun membuat lagu ini untuk pujaan hatinya, versi sebenarnya lagu ini diciptakan oleh Rifai Ilyas yang disapa Pay (24 tahun), gitaris band Caramel Makassar untuk mantannya yang dinikahi cowok lain
-Isyu nya penyanyi nya bunuh diri, bahkan sempat dimanfaatkan oleh orang iseng dengan membuat profil FS yang isinya gambar seram, Faktanya Penyanyinya masih sehat wal afiat kok’ D

“Saya nggak tahu apa-apa. Aneh saja ada cerita seperti itu,” ujar gitaris band Caramel Makassar ini dalam perbincangan dengan detikcom pada Senin (9/6/2008) petang.

Pay menangkis tuduhan bahwa bandnya sengaja menciptakan isu aneh-aneh tentang lagu itu agar tenar.

Pay sendiri juga sempat menjadi korban kisah tragis yang menyebutkan bahwa penyanyi lagu itu sudah tewas bunuh diri setelah pencipta lagu itu, yang merupakan kekasih si penyanyi, tewas akibat kecelakaan lalu lintas.

“Saya dikira sudah meninggal, jadi banyak tetangga yang datang ke rumah (melayat),” ujar pemuda 20-an tahun itu.

Pay menceritakan, lagu itu sudah ada lebih dulu dibandingkan dengan band Caramel yang dibentuknya. Lagu itu dibuat saat teringat kekasihnya yang sudah menikah.
Malah lagu ini telah dipersiapkan untuk masuk dalam album indie band Cinderella, band Pay sebelum Caramel, sejak tahun 2003.

“Hanya saja, musik lagu ini terlalu mellow kedengarannya,” ujar Pay ketika ditemui di home base Caramel yang juga tempat tinggalnya, Jl RS Faisal Raya, Makassar, Senin (9/6/2008) petang.

Pertama kali Pay dkk menyanyikan lagu itu dalam momen ulang tahun sanggar seni mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara, Sang Dipa, pada 17 Juli 2004.

Pay memainkan lagu ‘Jauh’ dengan versi live akustik, yang dilantunkan gadis bernama Andi Besse atau Abe, vokalis Sang Dipa. Penampilan mereka pun direkam ala kadarnya dalam format MP3. Sementara versi kedua lagu ini baru direkam di studio oleh band Caramel, band yang didirikan Pay dan kawan-kawannya. Suara vokalisnya pun sudah berganti, Abe digantikan Riri.

Rekaman MP3 itu rupanya beredar luas. Abe bahkan sempat minta maaf pada Pay karena rekaman lagu itu tersebar luas tanpa bisa distop.

Namun peredaran tidak resmi itu juga melambungkan lagu Jauh, judul asli Tinggal lagu Kenangan. Bahkan pada akhir 2006, lagu ini pernah menduduki tangga lagu di Radio Venus Makassar selama 11 pekan.

Namun meski lagu ini populer di Makassar pada 2006-2007, kisah pepesan kosong tentang lagu ini tak jua terhenti. Aneka macam cerita Geby dan Tinggal Kenangan hinggap dari mulut ke mulut, penuh bumbu yang tragis, kadang-kadang beraroma mistis. Tentu bukan perkara mudah untuk menemukan si pencipta kisah-kisah aneh ini.

Jadi, marilah kita hentikan rumor, isu, hoax, dan sebagainya, kalau tidak tahu tentang sesuatu, jangan sembarangan menyebarnya ke orang lain. Ingat kasus SMS merah, harta Siliwangi, dan semacamnya??? Masih banyak hal-hal lain yang lebih penting dipikirkan dibandingkan menyebarkan/membahasnya.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 76,155 hits

Topics

Archives

Get Free Domain

  • Free Domain

Page Rank

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: