Sikap Sang Hacker : Beberapa Alasan Mereka Mereject Email Anda

Posted on September 25, 2008. Filed under: Sekilas Info |

Sering kali seorang newbie (pemula) merasa jengkel dan kebingungan tatkala ia mengirim sebuah email kepada seorang Hacker namun tidak pernah dibalas. Padahal sang newbie benar-benar membutuhkan jawaban segera dan sangat-sangat mengharapkan solusi dari sang Hacker.

Lalu dimana masalahnya?? Artikel ini akan menunjukkan jawaban atas pertanyaan itu kepada anda.

Fenomena Yang Terjadi :

Anda “menemukan” sebuah situs yang dikelola oleh para Hacker yang banyak memberikan beragam info tentang dunia Hacking. Dari situlah anda mulai mengenal hal-hal baru dan tokoh-tokoh pendiri situs tersebut menjadi sosok idola baru bagi anda :)  .Sebagai seorang pemula, anda memiliki segudang pertanyaan, dan tentu saja anda kemudian menanyakannya kepada para Hacker itu melalui email.
Namun ternyata email anda tidak dibalas walaupun anda sudah berkali-kali mengirimkannya kepada mereka. Anda pun mulai bosan menanti dan bertanya-tanya dalam hati.. “Kenapa email saya tidak dibalas??”

Fenomena diatas sering terjadi di kalangan para newbie. Hal tersebut bukan hanya terjadi di dalam urusan email, namun juga sering dijumpai seorang newbie diabaikan dalam sebuah channel IRC Hacker. Dalam kondisi inilah biasanya seorang newbie akan putus asa dan merasa sangat-sangat tidak dihargai.
Seorang Hacker tentunya memiliki alasan kuat ketika memutuskan tidak membalas suatu email. Semua itu terkait erat dengan kesibukan-kesibukan mereka baik di cyberspace ataupun di real life. Beberapa cuplikan kegiatan mereka berikut mungkin bisa memberikan sedikit pengertian kepada anda:

(1) Budaya Hacker

Seorang Hacker sejati tentunya memiliki kewajiban untuk mengabdi pada budaya Hacker. Bentuk pengabdian itu sendiri bisa berupa menulis software open source, menganalisis bugs-bugs baru, mengumpulkan informasi-informasi bermanfaat dan menyebar luaskannya, memelihara FAQ-FAQ besar, milis-milis raksasa, memoderasi forum atau channel-channel IRC, dll.

Aktivitas-aktivitas tersebut hanyalah sebagian dari bentuk pengabdian dan pemeliharaan budaya Hacker serta penjagaan berjalannya infrastruktur. Bisa dibayangkan bukan betapa sibuknya mereka (Hacker)? Terlebih lagi semua itu dilakukan suka rela dengan tujuan utama non-profit.

Jadi jangan samakan mereka (Hacker) dengan para penggila chatting yang connect ke Internet hanya ingin hura-hura cari kenalan dengan topik pembicaraan yang tidak ada manfaatnya. Mereka (para Hacker) adalah sekelompok orang yang mengemban tugas mulia dan memprioritaskan budaya Hacker sebagai hal utama daripada mendengar rengekan-rengekan seorang newbie, dan sikap mereka tidak dapat disalahkan karena bagaimanapun juga terpeliharanya infrastruktur jauh lebih penting.

(2) Kehidupan Real Life

Adakalanya anda melupakan satu hal yang penting bahwa “HACKER JUGA MANUSIA BIASA”. Mereka benar-benar manusia biasa, bukan mahluk virtual yang hanya ada di alam maya. Mereka memiliki kehidupan di alam nyata dan memiliki tugas-tugas sebagai manusia pada umumnya, sama seperti anda. Mengurus keluarga, berbakti pada orang tua, beribadah kepada Tuhan, membutuhkan hiburan dan istirahat. Walaupun beberapa pendapat para “Hacker Senior” menyarankan agar Hacker menghindari bersosialisasi dengan masyarakat, namun pada kenyataannya banyak para Hacker yang memiliki kehidupan sosial yang sangat baik dan akrab dengan masyarakat di sekitarnya.

Dengan tidak tau diri para Newbie sering berprasangka buruk dan merasa jengkel hanya karena emailnya tidak dibalas. Padahal, seperti yang telah saya sebutkan bahwa kehidupan para Hacker pada umumnya super sibuk karena mereka adalah orang-orang yang anti berpangku tangan, karena berpangku tangan adalah sebuah kejahatan bagi mereka.

(3) Artis Dunia Maya

Semakin terkenal seorang hacker maka biasanya akan semakin banyak email yang diterimanya. Dalam sehari bisa saja ia menerima email puluhan hingga ratusan email dari para pengagum sekedar mengucapkan pujian atau dari para newbie yang sedang butuh bantuan seperti anda. Atau email dari Hacker-hacker lain untuk bertukar informasi. Jadi sadarilah bahwa anda tidak sendiri. Bersabarlah dan tunggulah email anda dibaca (jika email anda memang layak). 🙂

* Email Dari Anda Layak Direject! *

Ada beberapa alasan umum yang selama bertahun-tahun selalu dipegang oleh para Hacker untuk tidak membalas suatu email, bahkan langsung memasukkannya ke dalam “tong sampah”.
(1) Penulisan Subject Email Yang Kurang Sesuai

Adakalanya kita terkesan asal-asalan dalam membubuhkan subject email. Padahal beberapa Hacker akan melakukan “penilaian” pertamakali pada bagian yang satu ini. Penulisan subject seperti “toloong..!!” , “Help me please..” , “hai..” dan sejenisnya cenderung akan di abaikan dan tak jarang akan langsung dimasukkan ke dalam tempat sampah tanpa dibaca isinya.

Etika yang benar ialah sesuaikan subject dengan isi email. Misalkan anda lupa password router dan anda bermaksud untuk login ke router via jaringan tanpa harus datang langsung ke router tersebut. Maka subject yang tepat untuk email dengan isi pertanyaan tersebut ialah “Reset Password Router via LAN”.

(2) To, Cc, Bcc

Kita cenderung menginginkan masalah kita cepat selesai dan mendapatkan jawaban sesegera mungkin. Dan untuk hal ini kita sering mengirimkan email kepada banyak orang sekaligus. Beberapa orang merasa kurang nyaman ketika menerima email seperti ini. Apalagi jika dia adalah orang sibuk, maka kemungkinan ia akan berfikir “Oh, dia mengirim email kepada banyak orang dengan pertanyaan yang sama. Biar orang lain sajalah yang menjawabnya..” Dan jika semua orang yang menerima email anda berpikiran sama, maka peluang tidak terbalasnya email anda akan lebih besar.

(3) Menggunakan Account Milik Orang Lain

Adakalanya seorang penanya meminta kepada sang Hacker untuk membalas emailnya ke alamat yang berbeda. Misalnya dengan kata-kata “Mohon jangan mereply ke alamat email ini, tolong anda balas email saya ke alamat berikut blablabla@lamer.suck

Email seperti ini akan langsung direject! Karena sering orang yang melakukan hal ini mengirimkan emailnya dengan account milik orang lain dan itu sama halnya dengan mencuri. PERLU DI INGAT!! HACKER SAMA SEKALI TIDAK MENGHARGAI PENCURI!!

(4) Tata Bahasa Yang Buruk

Hacker sejati menyukai keindahan. Budaya Hacker menempati tingkatan tertinggi dalam bidang seni, oleh karena itu jangan mengirim email dengan tata bahasa yang buruk dan banyak terdapat salah ketik disana-sini. Sebisa mungkin gunakanlah bahasa baku, bahasa Indonesia yang baik dan benar. Atau bisa juga anda gunakan aturan TTBTED (Tidak Terlalu Baku Tapi Enak Dibaca)🙂 yang sedang marak belakangan ini. Yang penting, ungkapkan semuanya dengan penuh kesopanan, dan sekali lagi, jangan terlalu banyak salah ketik disana-sini.

Banyak terdapat salah ketik disana-sini dengan tata bahasa yang buruk menunjukkan bahwa pengirimnya adalah sebangsa LAMER!! (lamer = perusak).

(5) Tanpa Penjelasan, Tanpa Usaha

Dalam mengirimkan sebuah pertanyaan, sertailah pertanyaan itu dengan penjelasan sedetail mungkin. Disamping memudahkan sang Hacker untuk mendiagnosa masalah anda, hal tersebut akan menentukan kepuasan jawaban yang nantinya akan anda terima.

Tunjukkan juga usaha-usaha yang telah anda lakukan sendiri dalam memecahkan masalah itu. Tunjukkan bahwa anda telah benar-benar berusaha namun belum menemukan solusi. Langsung bertanya tanpa berusaha terlebih dahulu adalah tindakan para pemalas. Bagi para Hacker, tidak ada gunanya untuk menolong orang-orang malas yang bisanya hanya “menadah” tanpa mau berusaha sedikitpun.

(6) Salah Satu Contoh Pertanyaan-Pertanyaan Bodoh

Mengapa disebut pertanyaan bodoh? Karena sebenarnya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya sudah ada jawabannya. Namun entah mengapa, para newbie sering melakukan kesalahan ini. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kebanyakan newbie, namun biasanya tidak akan pernah dibalas oleh para Hacker atau kalaupun dijawab akan dijawab dengan sangat kasar :

A: Dimana saya bisa mendapatkan software blablabla…?

H: Google.com stupid!! gunakan search engine dan kamu akan menemukan hampir apapun yang kamu mau disana jika kata kuncimu tepat!

A: Bagaimanakah cara menjadi Hacker?

H: Sudah sangat banyak artikel-artikel dan tutorial yang telah dibuat! Carilah sendiri olehmu dengan search engine!!

A: Bagaimana cara menggunakan software blablabla..?

H: Read the Fuc**ng manual!!! (baca manualnya/petunjuknya/file helpnya)

A: Maukah anda “(Hacker)” mengajari saya Hacking ?

H: Tidak!!!! Sering orang yang mengajukan pertanyan seperti ini adalah para pemalas yang ingin menjadi Hacker dengan cara instant. Percuma mengajari pemalas seperti ini!! Hacking adalah kerja keras yang butuh pengorbanan. Ingatlah bahwa hampir seluruh Hacker-Hacker terbaik lahir dari belajar otodidak, bukan pemalas yang suka menggantungkan diri pada orang lain.
Tanpa kita sadari, lagi dan lagi kita melalaikan hal-hal yang kelihatannya sepele. Kita sering mengabaikan etika-etika dalam beremail, padahal email merupakan salah satu alat komunikasi yang penting di cyberspace.

Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua menjadi netter yang lebih baik, menjadi netter yang beretika.

Sekian

🙂🙂🙂 Bayu Anggara N 🙂🙂🙂

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 76,155 hits

Topics

Archives

Get Free Domain

  • Free Domain

Page Rank

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: